Who..

27 May

Kesetiiaan itu mahal
Karena terkadang kita tidak tau
Kepada siapa kita dapat bersandar  dan terikat satu sama lain
Kecuali dengan Tuhan…

TApi dalam ajaran agama… Manusia harus pintar dalam bersosialisasi
Tolong menolong… Tanpa pamrih
Kesulitan yang muncul mungkin keiklasaan dan toleransi,  tapii batasaan tolerasi itu hal yang semu
Manusia memiliki sifat berbeda.. Kalo orangnya supel dan menyenangkan, dan gag gampang tersinggung yaaa enak enak aja
Tapi kalo orangnya perasa dan gag,mau kalah yaa susah banget

Manusia itu semuanya sama.. Labil
Bahkan orang terdekatpun sulit untuk kita pahami
Memahami itu bukan sekedar bicara yaa atau tidak
Memahami orang lain harus terlebih dahulu jujur pada diri sendiri
Agar tidak ada perasaan menganjal ketika kita berinteraksi dengan orang lain
Bukan karena kita terikat dengan orang lain… Kita merasa dibodohi
Atau merasa terkekang
Hidup itu mudah… Dan fleksibel harusnya
Yaaaa manusia itu random..
Kadang mereka gag ngeh, terhadap keputusan yang mereka buat
Termasuk kesetiaan… Gag ada jaminan bahagia terhadap kesetiaan sesama manusia
Kecuali kepada Tuhanku Allah SWT

Advertisements

Dream..

15 May

Ketika hari berganti harii
Ketika derik detik waktu telah berlalu
Ketika aku berlomba dengan waktu
Aku sadar…
Jika waktu yang aku lewati sudah terlalu banyak
Mungkin hanya Tuhan yang tau betapa lelahnya aku..
Aku masih terus mengejar impiian…
Dimana semua orang disekelilingku sudah meraih impianya masing masing
Itu sangaat berat
Sangat  berat untuku

exhausted

31 Jan

cerita cinta memang sering menjadi film film favorit untuk menghabiskan malam .

selain ceritanya sesuai dengan cerita sehari hari, rata rata cerita tentang cinta mengambil tema bedasarkan kehidupan sehari sehari sehinga mudah diterima oleh banyak kalangan masyarakat.

dari film film tersebut kita bisa mengambil hikmah yang mengikuti jalan cerita tersebut.

dimana ada season romantis, atau melankolis . bahkan sampai dramatis yang memberatkan untuk seorang pasangan dalam mengambil keputasan yang tragis dalam hubunganya .

dari gambaran seperti itu,dalam kehidupan nyata  hampir semua orang malas untuk mengambil keputusan yang mereka pikir terlalu berat. menjadi sedih, takut kehilangan atau takut tersakiti.

sehinga mereka lebih senang dalam posisi aman, untuk tipe pasangan setia , biasanya wanita lebih malas berganti pasangan sehinga mereka meilih jalan aman utuk bertahan

keputusan untuk menjandi seorang jomblo emang gag gampang, dilihat dari kebiasaan kebiasaan yang biasanya mereka lakukan bersama.

terbiasa jalan berdua, terbiasa menghabiskan akhir pekan berdua, sehinga sulit untuk membayangkan jika suatu saat nanti akan melakukanya sendiri.

tapi itu bukan hal yang buruk, karena lama kelamaan kita juga akan terbiasa untuk sendiri

dibanding kita terbiasa memendam perasaan , dan tersenyum padahal sedang tidak tersenyum

perasaan tertekan dari seorang pasangan bukan cuma karena hobi pasanganya yang berganti ganti pasangan, atau salah satu pasanganan cepat merasa bosan. ketika kita mulai dewasa masalah akan muncul dari sifat sifat atau masalah masalah kecil dari masing masing .

mungkin perempuan yang selalu berpikir untuk mengakhiri hubungan terlebih dahulu. karena pada kenyataanya wanita lebih rentan untuk menangung beban, mereka lebih rentan untuk berfikir bagaimana cara membahagiakan hati ini secara instant tanpa pikir panjang dan tidak terluka untuk kedua kalinya , walaupun mungkin hanya kebahagian semu  yang disapatkan, hanya untuk menenangkan perasaan sesaat namun tidak mengobati sakit hati yang sudah terlanjur terjadi.

ketika perempuan mengatakan apa yang disaraskan kepda pasanganya,  mungkin pasanganya akan berkata ,” lebai’ atau ‘ berlebihan” itu yang membuat perasaan tidak puas dan tertantang untuk melakukan hal yang lebih nekat lagi , sehinga terlontar kata ” udahlah, kita udah gag cocok lagi, sampe disini aja”

tapi bayangkan bagaimana posisi seorang perempuan,

memang sebagian wanita, berhati tegar  dan seolah olah tidak peduli akan yang ia rasakan

namun lama lama apakah mereka akan bertahan dengan perasaan seperti ini.

walaupun banyak wanita yang sudah medapatkan pria yang baik, wanita tersebut hanya mencampakanya

padahal sulit untuk mendapatkan yang lebih baik dari yang terbaik .

kriteria cowok yang baik itu simpel

tidak berani menyiksa pasanganya dengan perlakuaan kasar, atau kata kata yang kasar apapun kondisinya

dan jangan pernah memaksaakan perasaan pasanganya, mereka mengharapkan   sebuah rangkulan  ketika sedang menangis,  kemudian merasakan didengarkan ketika ada masalah.

kesalahan terbesar untuk seorang perempuan adalah ketika menuruti keinginan pasanganya, karena dia akan meminta terus tanpa ada rasa puas.

ketika perempuan itu mengeritik, pasanganya akan memaksanya untuk diam.

ketika diam pasanganya memaksa untuk bicara.

ketika menangis pasanganya memaksa kita untuk tertawa

walaupun mereka berjanji untuk selalu setia akan hubunganya, namun apa gunanya jika kita tidak ada kenyamanan lagi dari kedua pihak

semakin kita memberikan apa yang pasangan kita inginkan kita akan semakin tertahan untuk bersamanya.

jika pasangan kalian memang cuek atau tidak peduli diawal kalian menjalin hubungan , dan kalian merasa tidak nyaman . utarakanlah jangan sampai ada yang ditutupi lagi.

jika kalian merasa sudah cukup dan tidak mampu melanjutkan lagi, kemudian  merasa sudah tidak dihiraukan katakan secepatnya , hentikanlah selagi masih bisa.

karena rasanya ditampar, dipukul, dianiyaya tidak akan sembuh secara singkat

walaupun bertahun tahun sudah terjadi

begitu kita mengigatnya kita akan kembali menangis, dan akan membenci diri kita sendiri karena begitu bodoh masih dalam pelukanya dengan waktu yang cukup lama.

november = hujan (lagi)

5 Nov

musim penghujan telah tiba yaaaa wajar sii yaaa,  karena memang sudah memasuki awal november

biasanya hujan datang ketika sore sampai malam hari.

dan yang paling menyenangkan melihat hujan di balik  jelndela sambil mendengarkan musik

karena dapat melihat orang lalu lalang karena menghindari hujan

atau menunggu hujan reda, mungkin sebagian orang juga sama seperti saya, sama sama menikmati hujan turun

 

yaaa musim hujan, musim menyenangkan karena banyak air yang mengalir.. hahhaa sepele sekali yaa alasan saya kenapa saya suka sekali hujan, tapi entahlah, saya sangat menyenagi air yang mengalir..salah satunya yaa hujan

hujan sering mengingatkan saya kemasa masa yang menyenangkan,

apalagi bau hujan sama seperti harum pohon pinus pass dipagi hari.

hmmmm… sudah lama juga yaa, saya tidak dikelilingi pohon pinus ketika hujan turun, benar benar deh. ternyata saya sangat sangat merindukanya

bukan berarti saya merindukan pohon pinus loh yaaa ..

saya menyukai suasana hujan, pohon pinus dan pegunungan secara bersamaan , waktu kecil ayah sering mengajak kami rekreasi di pegunungan

tapi anehnya, setiap saya kesana tempat itu selalu hujan

ketika hujan , saya seperti terhipnotis dan sangat sangat menikmatinya , walaupun ketika hujan turun biasanya saya  hanya melihat air hujan yang turun dari balik jendela.

atau berbaring di tempat tidur, sambil memeluk selimut bersama adik perempuan saya

 

kangen banget rasanya , pengen banget deh melihat pohon pinus sambil ditemani hujan turun.

sayangnya sekarang tidak bisa meluangkan waktu untuk ketempat seperti itu lagi  , bukan karena ayah ibu yang terlalu sibuk..

tapi ternyata saya yang terlalu sibuk..

jadwal kampus yang padat, dari praktikum sampe tutorial yang semingu 3 kali

padalah dua bulan yang lalu ayah saya mengajak pergi untuk rekreasi ketempat yang banyak pohon pinusnya itu, yaaa karena saya tidak bisa akhirnya mereka hanya pergi bertiga

sadiiiis –‘

yaaa semoga liburan kali ini, saya bisa pergi ketempat itu..

yaaa walupun tidak ketempat banyak pinus, paling tidak saya masih bisa menikmati hujan

alhamdulilah 🙂

surat untuk Tuhan

3 Nov

waktu kecil saya memang agak pemalu,

sehingga syulit untuk bergaul. saya selalu membawa pengasuh saya kemanapun saya berada

untuk mendapatkan seorang teman , saya selalu menuruti kemauan mereka tanpa memikirkan perasaan saya sendiri

dan itu terbawa sampai saya dewasa sekarang

saya termasuk orang yang supel, dan pandai bergaul

tapi saya tidak pernah menjadi diri saya sendiri

bahkan untuk orang yang terdekat pun saya tidak bisa menjadi diri saya sendiri

semua hal yang mereka inginkan harus selalu saya ikuti,

walaupun saya punya banyak sahabat, tapi terkadang saya bertanya  pada diri saya sendiri  apakah mereka benar benar sahabat saya

 

walaupun saya punya teman dekat, dan saya mencintainya dengan tulus tapi saya sering bertanya apakah dia mencintai saya juga

 

ketika mereka marah saya selalu bersamanya, menjadi sasaran mereka

ketika mereka membutuhkan saya untuk menjadi pendengar yang baik, saya mendengarkan mereka

ketika mereka membutuhkan bantuan, saya selalu membantu mereka

semua saya lakukan untuk mereka, apapun . bahkan saya mengorbankan waktu, uang, pikiran hanya untuk mereka

saya terlalu menekan perasaan saya sendiri,hanya untuk kebahagian mereka

tanpa mempedulikan bagaimana dengan kebahagian saya sendiri hanya untuk mempertahankan kehadiran mereka untuku selalu bersama saya

 

 

dan ternyata saya benar benar sudah sampai ketitik terjenuh saya sudah  bosan ketika selalu menuruti kemauan mereka semua

pernah saya berpikirt, mungkin saya orang yang jahat karena tidak ikhlas melakukan untuk teman teman saya sendiri dan orang yang dekat dengan saya

tapi ternyata sekarang saya mudah lelah,untuk  menjalani hubungan apa pun itu.. saya terlalu  kelelahan..

terkadang sempat terpikir untuk menghilang seperti seorang pengecut, atau tertidur panjang dan terbangun dengan zaman yang sudah berubah seperti cerita cerita dunia dongeng

atau tinggal sendirian,

tapi ternyata tanpa berharap untuk sendirian pun, saya sudah merasa sendiri..

walau saya punya teman banyak, sahabat dan seorang pacar.. ternyata saya masih merasa sendirian

aneh rasanya ketika saya berharap untuk sendiri, padahal saya sendirian

walaupun punya banyak pilihan untuk menyampaikan segala kesedihan yang saya rasakan saya tetap tidak bisa menyampaikannya, cukup saya diam menahan beban dan berpikir semua akan baik baik saja ketika saya terbangun besok pagi.

awalnya mungkin membaik, lama kelamaan saya merasa tertekan

pernah terlintas untuk  mengakhiri hidup saya sendiri ,

untungnya saya terlalu mencintai  Tuhan, ayah dan ibu saya sendiri

 

saya sering  mencoba, untuk tersenyum pada semua orang. banyak teman teman yang sering mengatakan kepada saya bahwa selama hidup saya , tidak akan pernah bersedih.

saya hanya tertawa kecil dan melontarkan joke, joke ringan untuk mengubah suasana.

mungkin saya adalah seorang penipu , atau seperti orang yang bertopeng

satu satunya yang saya punya hanya kedua orang tua saya, dan itu yang memang menjadi alasan saya untuk bertahan

saya sering meminta kepada Tuhan untuk menjaga mereka, dan jangan membuat mereka menderita

 

saya juga sering meminta maap kepada Tuhan karena saya mencintai mereka

yang saya harap Tuhan tidak pernah marah, dan tidak mengambil mereka sekarang.

Hanya mereka alasan saya untuk meraih impian mereka, dan bertahan sampai saat ini.

saya tidak pernah berharap bersama mereka selamanya, karena saya tau Tuhan tidak pernah memberi keabadiaan untuk umatnya

saya hanya meminta waktu, memberi semua yang mereka harapkan. mebahagiakan mereka. dan mengantikan posisi mereka untuk adik saya

 

Maap Tuhan jika saya terlalu mencintai mereka, saya tidak meminta sebuah keabadian untuk hidup mereka

saya hanya ingin sebuah kesempatan, untuk melihat senyum karena keberhasilan saya..

 

saya juga selalu meminta pada Tuhan untuk selalu menemani saya,

dan selalu memintanya untuk tidak meninggalkan saya

Tuhan tolonglah saya sekarang,saya membutihkan suatu ketenangan dari Mu.

saya sudah terlalu lelah, Hanya pertolonganmu lah yang Dapat menolongku karena hanya kepadaMu saya bisa menceritakan semuanya

galau akademik

31 Oct

ceritanya dimulai ketika setelah tutorial, karena gw belum dapet tanda tangan DPA ( dpa itu sejenis wali kelas kalo di smu, biasanya kalo mau ngajuin KTI harus ada persetujuan beliau juga)

mungkin ini hukuman buat gw, gara gara pas mau tutorial gw malah ngacauin orang yang jualan kerudung di depan perpus,

Pada saat itu, niatnya nemenin temen kost saya beli peniti sama bros brosan buat pake kerudung kalo mau ke kampus

disana gw ngerocokin orang yang lagi jualan, yaa temen gw juga sii yang lagi jualan jadinya pas disana gw nanya nanya harga semua barang padahal gw gag beli,  terus gw ketawa ketawa gag jelas gara gara ngeliat kerudung loreng loreng kaya macan

haduuuh maap yaa trii…abis lucu si, dan akhirnya gw beli juga deh kerudung loreng loreng macan tutul gara garanya trii keliatan marah.. dan gw gag enak sama dia –”

okeh lanjut ke DPA aja ,

suasana menjadi tegang ketika gw memasuki ruangan DPA.

dan belum ada 2 menit di dalem ruangan gw sudah melakukan beberapa hal bodoh,

pertama

waktu gw masuk , DPA gw minta tolong nyalain lampu.. berhubung suaranya kecil dan pake bahasa jawa jadi gw gag ngerti maksudnya,  gw kira  DPA nyuruh tutup  pintunya, karena emang posisinya gw baru masuk ruangan , dan membuka pintu lebar selebar lebarnya

bayangin betapa malunya gw… image gw udah jatuh ” aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa”

dan bodohnya itu bukan yang pertama

kebodohan yang kedua, pass beliau nanyain komputernya udah dicolokin atau belum

aaaaaaaaaa… dengan cantiknya gw colokin ke colokan yang ada disitu, padahal colokanya rusak. posisi gw juga kelewat angun. jongkok ya sodara sodara

dan bodohnya, DPA udh nyuruh gw suruh duduk lagi, tapi gw tetep jongkok sambil nyolok nyolokin komputer ==”

aaaaaa sumpah saat itu juga, gw pengen ngambil jangka but nusuk nusuk otak sebelah kanan gw

dan yang paling parah.. adalah gw pelanga pelongo waktu memberi pengarahan, berhubung beliau ngomongnya cepet banget, campur bahasa jawa dan omonganya berat banget.. gag sesuai sama otak gw yang pass passan

akhirnya beliau menyuruh saya membaca buku metode penelitian, dan mempelajarinya berhubung saya gag mudeng mudeng

akhirnya saya diusir, buat belajar dulu.. baru nyamperin bneliau  kalo udah baca bukunya

dan yang paling parah, sebelum gw keluar ruangan DPA, beliau nanya nama gw siapa dan angkatan berapa

aaaaaaaaaaaaaaaa… gila aja … pikiran gw udah melayang kemana mana

sebodoh itu kah gw sampe diciriin, dan prof berusah ngapalin nama gw

walaupun kedengeranya ke ggran, dan emang bener siih ke ggran

yaaa apaun yaaa akhirnya saya sudah dapet tanda tanggan DPA gw

hahhahahaaaa

semoga jalan saya mudah kesananya ==”

stroke

30 Oct

Pendahuluan

Kasus :

Beberapa hari yang lalu saya bersama teman teman berkunjung ke salah satu rumah warga, pemilik rumah tersebut kebetulan tetangga teman tutorial saya, kunjungan kita kesana dengan tujuan untuk melihat kondisi ibu sumi yang sudah stroke sekitar 6 tahunan yang lalu, Ibu sumi adalah  seorang petani tetapi sudah berhenti bekerja beberapa tahun yang lalu karena menderita stroke.Pada awalnya penyakit ibu sumi  disebabkan karena terjatuh pada saat bekerja , Karena kejadian tersebut ibu sumi sempat mondok selama dua minggu dirumah sakit dan koma selama dua hari. Dari pemeriksaan fisik . tekanan ibu sumi sangat tinggi  yaitu 214/170 pada saat itu, namun setelah diberi obat oleh dokter tekanan darah ibu sumi  kembali stabil. Setelah pulang dari rumah sakit pun ibu sumi  rajin control 2 minggu sekali dan menjalani beberapa terapi karena kaki sebelah kananya tidak dapat digerakan. Selama menjalankan terapi kesehatan ibu sumi mulai membaik  begitu juga kondisi kaki kanannya.

Pasca gempa jogja kondisi ibu sumi semakin parah, beliau terbangun dengan kondisi tidak dapat mengerakan seluruh bagian tubuhnya sebelah kanan, wajahnya  perot, dan tidak dapat berbicara dengan jelas. Keluhan tersebut dirasakan ibu sumi ketika bangun tidur, padahal ketika malam hari kondisi ibu sumi baik baik saja.

Sebelum menderita stroke,ibu sumi tidak pernah mengeluh pusing , kejang , atau demam. Dilihat dari riwayat keluarga hampir seluruh kakak dan adik menderita hal serupa seperti ibu sumi, orang tua ibu sumi pun meningal karena penyakit stroke. Sedangkan anak pertama dan terakhir ibu sumi  memiliki riwayat hipertensi

Ibu sumi merupakan perokok berat dan suka minum minuman beralkohol,dan juga suka makan makan berlemak seperti daleman ayam sayangnya ibu sumi jarang berolah raga.

Hal yang menarik dari ibu sumi menurut saya adalah bagaimana perjalanan penyakit  pasien tersebut?, karena ibu sumi sudah tidak pernah control ke rumah sakit kembali,untuk  melakukan terapi, bahkan pola hidupnya pun  tidak teratur.

Kira kira bagaimana prognosisnya? Apakah membaik atau meburuk ? jika tidak mendapatkan terapi dan tidak mengontrol pola hidup

Padahal pada saat pemeriksaan tekanan darah terakhir, tekanan darah ibu sumi terbilang tinggi sekitar 190/120, tetapi ibu sumi tidak mendapatkan untuk menurunkan tekanan darahnya tersebut.

 

Pembahasan

Pada awal  perjalanan penyakit penyakit ibu sumi, stroke ibu sumi diawali dengan terjatuh, kemudian dibawa ke rumah sakit di rawat selama dua minggu dan koma selama dua hari, ketika kesadaran ibu sumi membaik ternyata kaki sebelah kananya tidak dapat digerakan,

Karena saya pernasaran, akhirnya saya mulai sibuk bertanya Tanya kepada  para dokter, walupun hanya bertanya kepada dua dokter yaitu  dokter pembimbing medic dan  tutor saya sendiri, yang lainya saya bertanya kepada asdos dan berdiskusi bersama teman teman, Dari berbagai narasumber dapat disimpulkan penyebab pasien terjatuh adalah hipertensi, diperkirakan pasien merasa pusing hebat dan kemudian terjatuh akibat dari hipertensi tersebut, apalagi dari data anamnesis yang saya dapat, ketika pemeriksan dirumah sakit setelah ibu sumi terjatuh, kata keluarga pasien  tekanan darah ibu sumi sekitar 210/170. Menurut buku menegement stroke yang saya pelajari hipertensi merupakan factor resiko yang paling penting untuk semua jenis stroke, sroke hemoragic maupun stroke karena infark. Peningkatan resiko stroke biasanya diikuti oleh peningkatan tekanan darah pula, diperkirakan resiko stroke meningkat 1,6 kali setiap peningkatan 10mmhg tekanan darah sitolik dan biasanya sekitar 50% kasus pada stroke dapat dicegah dengan mengendalikan tekanan darahnya ( Indiana stroke Task Force January 2006/ update august 2007)

Hipertensi kronis biasanya disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah akibat penumpukan lemak lemak yang dibawa oleh darah dan  menempel pada dinding pembuluh darahnya yang kemudian menjadi plak plak, yang disebut plak arteroklerosis, plak asteroklerosis tersebut menyebabkan penyempitan pada dinding pembuluh darah dan dapat menyebabkan stenosis. Yang menjadi permasalahan jika plak arterrosklerosis berada di pembuluh pembuluh kecil  ( Diameter 0,5 mm atau kurang ) . suplai darah akan tersendat ketika melewati pembuluh yang menyempit , pada saat peristiwa tersebut terjadi penurunan gradient tekanan darah di tempat tersebut.  Ketika penurunan gradient tekanan darah terjadilah turbulensi disekitar sumbatan yang semakin menurunkan suplai aliran darah.

Selain penyempitan pembuluh darah, plak plak arteroklerosis akan membuat pembuluh darah menjadi luka, sehinga menyebabkan terbentuknya trhombus, trhombus yang rupthur dapat menyebabkan masalah  juga thrombus tersebut  terbawa oleh aliran darah, yang akan menjadi sumpatan ketika melewati pembuluh darah yang lebih kecil.

Penurunan suplai darah ke otak dapat menyebabkan iskemik,jaringan mengalami penurunan drastis suplai darah ke otak berlanjut menjadi kematian sel (infark), pada kasus infark jaringan tidak dapat pulih kembali biasanya dari iskemik ke infark membutuhkan waktu sekitar 12-24 jam.

Pasien memiliki riwayat hipertensi dalam keluarganya, hamper seluruh keluarga (kakak maupun adik ) memiliki riwayat hipertensi, dan juga penyakit stroke.

Dari data yang saya dapat, bahwa ibu sumi gemar memakan makanan yang mengadung kolesterol tinggi, seperti jeroan ayam. Keluarga pasien pun mengatakan bahwa pada pemeriksaan kimia darah yang terakhir, kolesterol ibu sumi cukup tinggi. Sayangnya walaupun ibu sumi memiliki factor resiko seperti itu, sampai sekarang pola hidupnya masih belum berubah, ibu sumi masih suka makan daging dagingan dibanding makanan yang berserat.

Pasien juga merupakan perokok aktif dan alcoholic, pada kasus rokok, ternyata rokok dapat memicu peningkatan hipertensi menurut salah satu penelitian dari buku yang saya pahami, merokok dapat menyebkan terjadinya resiko sroke iskemik sub arachnoid hemoragic . sebuah data meta analisis terhadap 35 penelitian dari tahun 1996 sampai 2002.

Dari segi terapi , pasien cukup memprihantinkan. Walaupun pada awal perjalanan penyakit pasien mendapatkan perhatian yang baik. Bahkan pasien pernah melakukan terapi mobilitas untuk perjalan. Sayangnnya beberapa tahun belakangan ini pasien tidak mendapatkan perhatian yang baik pada keluarganya.

Padahal  menurut buku yang saya pelajari ada sejumlah bukti yang menunjuukan bahwa pasien yang menjalani rehabilitasi pasca stroke dapat mempengaruhi perbaikan outcome fungsional dan kualitas hidupnya. Selain itu  secara tidak langsung memberikan harapan pengobatan yang berhubungan dengan medis dan juga memberikan dukungan pisikologis pada penderita maunpun keluarga pasien.

Tujuan dari rehabilitasi  pasca stroke adalah memberikan harapan pada pasien , dan membatu pansien untuk kualitas hidupnya.Ini merupakan cara agar pasien termotivasi dengan penyembuhan sepontan. Penelitian terbaru menunjukan bahwa reorganisasi di dalam otak dapat terjadi dengan cara latihan dan belajar Bahkan penyembuhan dapat signifikan jika dilakukan terapi terus menerus.

Pada pasien yang stroke hemiparesis seperti ibu sumi , terdapat adanya kerusakan pada korteks piramidalis pada satu sisi yang dapat menimpulkan hemiperesis atau kelumpuhan satu sisi pada bagian kolateral. Untuk kerusakan yang menyeluruh tapi tidak merusak semua neuron korteks piramidalisnya akan menimbulkan hemparesis ringan sampai sedang.kebanyakan penderita stroke yang masih hidup mengalami pemulihan ganguan neurologisnya sekitar 30-60% .

Walaupun pemulihan pasca stroke  merupakan proses yang lama dan kompleks. Begitu banyak aspek aspek yang dipadukan untuk rehabilitas pada lansia yang sudah mengalami ganguan kelumpuhan hamper bertahun tahun lamanya Pada kasus ibu sumi, sempat dilakukan rehabilitas berjalan, dan menurut keluarga pasien, kondisi ibu sumi sempat membaik sampai  serangan kedua, pada serangan kedua kondisi ibu sumi kembali memburuk sayangnya pasca serangan kedua ibu sumi tidak melakukan terapi kembali. Dan kondisi pasien sekarang hanya tertidur di atas kasur , kedua kakinya pun tidak dapat digerakan  karena tidak pernah diterapi kembali. Sehinga mobilitasnya menjadi menurun.

Untuk terapi pengobatanpun dihentikan, padahall kemarin ketika saya memeriksakan tekanan darahnya , tekanan darah ibu sumi sangat tinggi sekitar 190/140. Dari buku yang saya pelajari setelah masa akut stoke terlampaui, hipertensi harus tetap dapat dikendalikan untuk mencegah stroke yang berulang.karena tekanan darah merupakan factor pencetus utama yang sangat berpengaruh pada pengulangan  stroke berikutnya, bahkan dapat berlanjut menjadi stroke hemoragic jika pembuluh darah pecah karena tidak dapat mempertahankan tekanan darah diotak. Oleh sebab itu pengobatan hipertensi sangat dibutuhkan untuk mempertahankan tekanan darah yang normal , menjalani pengobatan hipertensi merupakan suatu cara yang efektif  untuk pencegahan serangan strok berulang.

Untuk prognosis atroke dapat dilihat melalui  enam aspek yaitu death, disase, disability, discomfort,dissastification dan destituation. Keenam aspek prognosis si pasien tersebut terjadi pada fase awal atau pasca stroke untuk mencegah aspek tersebut tidak menjadi buruk, maka semua penderita stroke akut harus di monitor hati hati oleh keadaan umum diantaranya fungsi otak, ekg, saturasi oksigen terutama tekanan darah, secara terus menurus.

Prognosis stroke juga dipengaruhi oleh berbagai factor dan keadaan yang terjadi pada penderita stroke , hasil akhir yang dipakai sebagai tolak ukur diantaranya outcome , fungsional seperti kelemahan motorik, disabilitas, kualitilive serta mortalitas live menurut horning at hole , prognosis jangka panjang setelah  TIA ( transcient ischemic acute) dan stroke batang otak atau serebelum ringan secara signifikan dipengaruhi oleh usia, hipertensi , diabetes dan stroke sebelumnya dan penyakit arteri karotis yang menyertai.

Pada pasien yang memiliki TIA lebih baik prognosisnya disbanding stroke minor, Tingakat mortalitas pada pasien ini sekitar sebesar 4,8 % dan meningkat menjadi 18,6% dalam lima tahun. Jika pada pasien TIA dapat dikendalikan factor  penyebabnya,

Kesimpulannya

            Perjalana penyakit pasien  dan prognosis stroke

Dari yang saya pelajari pada kasus ini , mengenai penyakit stroke dapat diamatai mulai dari factor resiko, factor resiko dari pasien pada kasus tersebut adalah pola hidup pasien yang kurang baik seperti gemar makanan berlemak dan merupakan pasien perokok aktif  tekanan darah pasien menjadi tinggi atau hipertensi , hipertensi sendiri merupakan masalah utama pada stroke iskmeik  karena hipertensi yang terus menerus dapat menyebabkan ganguan sirkulasi pada peredaraan darah diotak, salah satunya adalah iskemik pada jaringan otak , iskemik otak merupakan perjalan penyakit yang dapat menyebabkan kematian jaringan atau infark . Ketika di jaringan terjadi kematian sel, akat menimbulkan deficit neurologi. Pada kasus yang saya pelajari  kematian jaringan otak terdapat pada korteks piramidalis yang menyebakan kelumpuhan satu sisi atau hemiparesis.

Pada kasus diatas, pasien tidak mendapatkan perawatan yang sesuai. Seperti rehabilitas bagian tubuh yang yang mengalami kelumpuhan,sedangkan rehabilitas sangat membantu untu menunjang mortalitas kehidupan hidup pasien, bahkan dari beberapa jurnal yang saya baca rehabilitasi dapat meningkatkan pisikis pasien yang dapat menunjang untuk perbaikan hidup pasien.

Selain rehabilitas  pengendalikan tekanan darah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mencegah serangan stroke berikutnya.

Untuk prognosisnya kasus stroke memang tidak begitu baik, namun jika diikuti dengan pemilihan terapi dan pengelolaan gaya hidup yang baik, paling tidak dapat terhindar pada serangan stroke berikutnya.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

  1. Pinzon,R., Status fungsional pasien stroke non hemoragic pada saat keluar ruhah, 2009
  2. Sid shah,MD., stroke pathysiology, foundation for education and research in neurological emergency
  3. Gofir,A,2011. Manajemen stroke .Pustaka cendekia press : Yogyakarta.
  4. Guyton, A.C & Hall, J.E., 2008. Text book of Medical physiology.11th ed. Phildelphia: WB Saundares Company.
  5. Price ,S.A. & Wilson, L.M.,2007.patofisiologi .EGC:Jakarta.